Skip to content

Tips – Tips Memilih GPS Tracker

Memilih GPS tracker yang tepat bisa menjadi tugas yang cukup menantang, terutama karena ada banyak pilihan di pasaran serta berbagai macam fitur GPS yang ditawarkan. Berikut beberapa tips yang dapat membantu Anda dalam memilih GPS tracker yang sesuai dengan kebutuhan Anda sebagai berikut :

  1. Tujuan Penggunaan
    Pertama-tama, tentukan dengan jelas tujuan penggunaan GPS tracker Anda. Apakah Anda ingin melacak kendaraan atau orang yang Anda cintai? Pilihan GPS tracker bisa berbeda tergantung pada tujuan penggunaannya.
  2. Koneksi dan Komunikasi
    Pastikan GPS tracker yang Anda pilih memiliki jenis koneksi yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Beberapa menggunakan jaringan seluler, sedangkan yang lain menggunakan Bluetooth atau Wi-Fi. Pastikan koneksi tersebut tersedia di lokasi Anda dan sesuai dengan kebutuhan pelacakan Anda. Vastel sudah bekerjasama dengan HALO Telkomsel yang memiliki jaringan/signal yang stabil.
  3. Daya Tahan Baterai
    Perhatikan daya tahan baterai GPS tracker. Jika Anda ingin melacak sesuatu atau seseorang dalam waktu yang lama tanpa pengisian ulang yang sering, pilih GPS tracker dengan daya tahan baterai yang baik seperti Seri AT1, GPS portable dengan kapasitas baterai 6000mAh mampu bertahan hingga 30 hari.
  4. Fitur Tambahan
    Beberapa GPS tracker dilengkapi dengan fitur tambahan seperti geofencing (membatasi area pergerakan), cut off engine atau mematikan mesin dari jarak jauh bisa dijadikan bahan pertimbangan. FMB920 adalah produk unggulan Vastel karena memiliki banyak fitur tambahan selain dapat mematikan mesin jarak jauh juga dilengkapi multi sensor I/O.
  5. Harga dan Biaya Operasional
    Pertimbangkan biaya pembelian GPS tracker serta biaya operasionalnya. GPS tracker yang memerlukan biaya langganan jaringan seluler atau layanan berlangganan lainnya mungkin memiliki biaya tambahan.
  6. Pemantauan Real Time
    Pentingnya memilih GPS yang bisa melacak secara real-time agar anda dapat memantau secara langsung lokasi terupdate.
  7. Kompatibilitas
    Pastikan GPS tracker kompatibel dengan perangkat yang Anda gunakan, seperti smartphone atau komputer. Aplikasi pelacakan yang mudah digunakan juga bisa menjadi pertimbangan. Vastel menyediakan aplikasi/server ORIN yang mudah untuk dipahami.
  8. Privasi dan Keamanan Data
    Selalu perhatikan kebijakan privasi dan keamanan data yang ditawarkan oleh produsen GPS tracker. Pastikan data Anda aman dan tidak disalahgunakan.
  9. Ukuran dan Portabilitas
    Sesuaikan ukuran GPS tracker dengan objek yang ingin Anda lacak. Jika Anda tidak ingin orang lain mengetahui jika sedang dilacak maka bisa memilih alat GPS tracker yang mudah disembunyikan.

Ingatlah bahwa memilih GPS tracker yang sesuai dengan kebutuhan Anda adalah hal yang penting. Pertimbangkan baik-baik sebelum memutuskan untuk membeli, dan jika perlu, konsultasikan dengan ahli atau teman yang telah memiliki pengalaman menggunakan GPS tracker.