Skip to content

Upaya Penggunaan GPS Pada Alat Berat dengan Sensor Power Take Off

Halo Vastel people! Kali ini Minvi akan membahas mengenai penggunaan PTO pada alat berat, tapi sebelumnya apakah Vastel people tahu apa pengertian alat berat dan kegunaannya? Yuk cari jawabannya disini.


Alat berat adalah kendaraan yang memiliki tenaga serta ukuran mesin yang besar. Bukan itu saja, mesin ini biasanya digunakan untuk pekerjaan khusus saja, seperti menggali, mengangkut, memuat, menghampar, memadat, dan sebagainya. Jenis alat berat itu sendiri misalnya excavator, grader, crane, bored pile, diesel hammer, scrapper, roller, bulldozer, dump truck, bucket wheel excavator. Alat berat tersebut biasanya memiliki PTO (Power Take-Off).

Power Take Off pada alat berat adalah metode pengambilan daya dari sumber daya, seperti mesin yang sedang berjalan, dan mengirimkannya ke aplikasi seperti alat yang terpasang atau mesin yang terpisah. PTO dapat merujuk pada aktivitas perangkat apa pun yang terhubung ke kendaraan.
Namun GPS juga berpengaruh pada alat berat, dimana GPS berfungsi untuk mengintegrasikan ke sensor power take-off (PTO). Informasi yang terekam, baik oleh sensor PTO maupun GPS tracker laporannya secara otomatis akan tersedia di server GPS tersebut,  Integrasi ini memungkinkan Vastel people untuk mengetahui waktu, durasi, lokasi, dan geofence saat PTO diaktifkan maupun dinonaktifkan, dengan data tersebut Vastel people dapat mengelola dan melacak produktivitas operator dan kendaraan, serta memberikan bukti layanan penggunaan GPS pada alat berat, berikut ini beberapa hal yang bisa kamu manfaatkan dalam penggunaan sensor PTO:

1. Dapat mengelola aktivitas kerja mesin secara stabil dan efektif


Dengan adanya bantuan alat pelacak atau GPS Tracker kita dapat mengetahui jarak tempuh, serta durasi penggunaan kendaraan yang penting untuk penjadwalan pemeliharaan. Dengan adanya tambahan sensor PTO membantu vastel people mengetahui usia perangkat mekanis kendaraan yang digunakan sehingga vastel people tahu kapan waktu untuk melakukan penggantian atau pemeliharaan komponen tersebut. Dengan demikian, baik kendaraan maupun komponen periferalnya terpelihara dengan baik untuk mencegah Downtime.

2. Melacak aktivitas Operator dan Kendaraan



Tanpa adanya sensor PTO, vastel people tidak dapat memastikan apakah perangkat mekanis dioperasikan saat kendaraan berjalan atau tidak. Kombinasi data pelacakan PTO dan GPS memberi informasi waktu, durasi operasional, durasi idle, durasi stop, dan lokasi pengoperasian perangkat mekanis kendaraan dalam periode yang vastel people pilih. Anda pun dapat memahami produktivitas sebenarnya dari operator dan kendaraan khusus Anda. Untuk pemantauan real-time, Anda dapat mengatur untuk menerima notifikasi setiap kali PTO dinyalakan dan/atau dimatikan.

3. Memberikan Data Bukti Layanan



Sensor PTO dapat memberikan data penggunaan perangkat mekanis kendaraan sebagai bukti layanan kapan pun diperlukan, misalnya saat menerima komplain. Anda dapat menyediakan data akurat waktu dan lokasi pengaktifan maupun penonaktifan perangkat mekanis, serta durasi penggunaan nonstopnya untuk periode yang Anda pilih. Sensor PTO dan GPS tracker juga dapat mengungkap jika terjadi penyalahgunaan, yakni apakah perangkat mekanis kendaraan Anda dioperasikan di luar waktu dan area yang telah ditentukan.

Bingung bagaimana caranya pasang sensor PTO tanpa ribet beserta fitur GPS yang lengkap?, tenang saja vastel hadir untuk menuntaskan keresahan vastel people! Vastel dapat mengintegrasikan GPS Tracker serta banyak fitur pilihan di ORIN, Yuk cari tahu lebih mengenai fitur dan coba menggunakan akun demo dengan download aplikasi orin di playstore ataupun Appstore melalui link berikut https://app.orin.id/login