Skip to content

Ribetnya motor hilang, cicilan masih tertunggak

Tinggal di negara berkembang yang menempati urutan ketiga tingkat kriminalitas di dunia, pastinya sering membuat masyarakat Indonesia waspada tentang maraknya aksi curanmor. Kali ini Minvi ingin membagikan pengalaman pencurian motor yang dialami oleh salah satu anak kos di daerah Surabaya Barat dan juga tipsnya supaya Vastel People terhindar dari kejadian serupa, disimak ya!

Pencurian pada kasus ini menargetkan satu unit motor milik warga asal Jawa Barat  dan hanya meninggalkan gemboknya saja, kok bisa? Diketahui motor tersebut terakhir kali diparkirkan pada malam hari sebelum kejadian. Namun sekitar jam 2 dini hari, motor itu berhasil raib dibawa seorang pencuri. Atas kejadian tersebut, pemilik motor segera melaporkan kasusnya ke kepolisian setempat.

“Apes sekali nasib saya! Motor saya hilang, mana cicilan tiap bulan gak ada yang nalang. Belum juga lunas, eh malah keduluan nahas. Mau gimana lagi ya, sudah nasib!” Ujar pemilik kendaraan.

Ternyata gembok cakram tidak menjamin kendaraan kita terhindar dari kemalingan Vastel People! Lalu apa kita perlu pakaikan rantai jangkar ke kendaraan? Tentu saja Vastel People gak usah ribet pakai rantai segala, karena Vastel punya tips ampuh terhindar dari curanmor. Check it out!

1. Kunci stang ke arah kanan

Tips pertama yang harus Vastel People lakukan adalah selalu mengunci stang ke arah kanan saat hendak memarkir motor. Cara yang satu ini sangat ampuh karena maling akan sulit memasukkan kunci T pada lubang kunci. Fitur Secure Key Shutter pada motor juga sangat berpengaruh besar untuk mengantisipasi terjadinya kehilangan motor

2.  Pasang Pengaman Tambahan

Pemasangan pengaman tambahan pada motor seperti kunci ganda, akan menekan rIsiko kehilangan motor karena cukup merepotkan maling yang sudah mengintai motor Vastel People. Kunci ganda ini dapat berupa gembok yang dikaitkan pada lubang cakram depan dan rantai belakang pada motor selain matic. Namun pastikan kembali untuk melepas pengaman tersebut ketika akan berkendara.

3. Manfaatkan Teknologi Side Stand Switch

Side stand switch juga dapat Vastel People manfaatkan. Hal itu karena fitur ini secara otomatis mematikan mesin sepeda motor saat standar samping diturunkan dan mesin tidak akan dapat dihidupkan sampai standar samping ditarikkan kembali. Pemanfaatan teknologi ini tentunya akan membuat maling kerepotan.

4. Pasang Alarm

Pemasangan alarm juga dapat menjadi salah satu solusi alternatif menghindari Vastel People dari curanmor. Jika sepeda motor disentuh baik sengaja atau tidak sengaja, maka alarm akan langsung memberikan sinyal. Selain itu, suara alarm yang keras tentunya juga akan membuat maling panik dan tertangkap.

5. Memasang GPS tracker 

Memasang fitur tambahan dapat menjadi langkah antisipasi yang ekstra dalam pengamanan motor, contohnya dengan menggunakan GPS Tracker pada motor vastel people. GPS pelacak atau tracker merupakan sebuah sistem pelacak objek yang menggunakan teknologi Global Positioning System (GPS). Penggunaan perangkat ini sangat membantu untuk dapat mengantisipasi tindak pencurian kendaraan. GPS pelacak untuk motor juga bisa terhubung dengan smartphone

Contohnya adalah OBU M (On Board Unit M) adalah salah satu produk GPS Tracker keluaran terbaru dari Vastel yang bisa dipasangkan ke kendaraan bermotor. Pemasangan OBU M ini dapat memberikan informasi mengenai posisi unit kendaraan kita. Jadi, Vastel People sudah tidak perlu khawatir lagi terhadap aksi curanmor apalagi GPS Tracker dari Vastel ini sudah dilengkapi oleh server Orin dan segudang fiturnya yang bermanfaat sehingga meningkatkan pengalaman kalian dalam memantau pergerakan kendaraan dengan lebih advanced, lho!